Babinsa Koramil 1621-05/Panite Serda Basuki Siap Fasilitasi Poktan Tirosa Yang Dilanda Kekeringan. Simak beritanya?



Panite, -Babinsa Koramil 1621-05/Panite, Serda Basuki, ikut rapat Solusi Mengatasi Kekeringan yang di alami kelompok Tani P3A Tirosa, bertempat di sekitar lahan persawahan Desa Bena,Kecamatan Amanuban Selatan,Kab.Timor Tengah Selatan, Senin, (06/11/23).

Sekertaris P3A Poktan Tirosa Roni Nubatonis,Selaku pembuka acara  menyampaikan Terima kasih kepada Kepala Seksi PMD Kec. Abansel Louis Ch. W. Nuban, S.Sos , Kapolsek Abansel Ipda Markus Tameno, Babinsa Desa Bena Ramil 1621-05/Panite Serda Basuki, Ketua P3A Otniel J Ndoen, Ketua Blok Tani Masing-masing kelompok, Masyarakat petani sawah Abansel yang hadir pada kegiatan rapat hari ini.

Lanjutnya saya harap hasil rapat kali ini bisa dapat solusi  dari kondisi dan masalah kekeringan yang melanda persawahan yang ada di Kecamatan abansel khususnya Desa Bena. Maka dari itu saya mohon agar semua pihak yang hadir untuk memberikan masukan/ide sehingga masalah kekeringan ini bisa dapat diatasi.

Kekeringan sawah telah menjadi masalah serius di daerah ini akibat kemarau yang panjang. Dalam pertemuan tersebut, Serda Basuki turut hadir untuk membantu mencari solusi yang efektif.

Salah satu langkah yang diambil adalah rencana melakukan Empangan Darurat(Bendung Sungai) untuk mengairi sawah yang mengalami kekeringan. Namun kendala yang di hadapi adalah kita hanya punya peralatan tradisional, seperti kayu batu dan pasir yang di isi di karung sehingga tidak maksimal.

Serda Basuki anggota Koramil 1621-05/Panite mengusulkan untuk membuat empangan Darurat yang paten kita harus mencari dana tambahan untuk membeli kawat Bronjong sehingga Optimal mengumpulkan debit air agar semua sawah dapat dialiri.

Dalam upaya mencari dana Babinsa siap mendampingi, bila perlu kita minta bantuan di Pemda, "ajukan Bantuan bila perlu kalau ada Sisa Dana Desa kita manfaatkan demi kebutuhan masyarakat saya siap membantu sebisa saya, kita butuh perhatian Pemerintah untuk mengatasi masalah kali ini. Saya harap pemerintah Daerah bisa menjawab keluh kesah kita kali ini", Imbuhnya.

Kehadiran Babinsa dan kerjasama dengan Petani menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat petani. Selain itu, Babinsa juga memfasilitasi Poktan untuk mendapatkan Dana tambahan yang sangat diperlukan dalam kegiatan Empangnisasi, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Seksi PMD Kec. Abansel Louis Ch. W. Nuban, S.Sos .

Semoga kerjasama ini berhasil mengatasi masalah kekeringan sawah dan mendukung pertanian di Kecamatan Abansel khususnya Desa Bena. Dengan kerja keras bersama, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik,"Pungkasnya".
**Pendim 1621/TTS**

Artikel Pilihan

Iklan