Ratusan Kotak Amal Diamankan Densus 88 di Lampung















Jakarta,vista- nusantara.com,- Lembaga Yayasan Ishlahul Umat Lampung di Pekon Klaten Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Lampung kembali digeledah Densus 88 Antiteror, dan ratusan kotak amal berhasil diamankan. 


Yayasan tersebut yang sebelumnya bernama LAZ BM ABA itu beganti nama setahun terakhir ini, diduga mereka menggalang dana untuk kegiatan jamaah islamiyah. 


"Benar ada kegiatan tim densis 88 antiteror di Pringsewu hari kamis kemarin terkait penyitaan ratusan kotak amal" kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Jum'at 5/11. 


Menurut Kombes Pol Zahwani Pandra ada beberapa pelaku yang diamankan antara lain SU (61), DRS (47) dan SK (59), ketiganya ditangkap karena diduga melakukan penggalangan dana kotak amal untuk teroris, selain kotak amal Tim Densus 88 juga mengamankan satu unit mobil toyota kijang warna biru dengan nomor polisi BE 1189 BS.mobil tersebut disinyalir digunakan untuk mengangkut kotak amal dan barang barang berharga untuk penyebaran paham radikalisme dan terorisme. 


"Penggeledahan dilakukan karena diduga ada uang kotak amal yanh tersebar diminimarket dan tempat publik yang digunakan untuk pendanaan aksi teror yang dilakukan Jamaah Islamiyah" papar Kombes Zahwani. 


Menurut perkiraan ada sekitar 2. 000-4000 kotak amal dari LAZ BM ABA yang beredar disejumlah tempat termasuk ditempat peribadatan dan perniagaan, namun kotak kotak tersebut sempat hilang setelah ada isu kotak amal tersebut digunakan sebagai penggalangan dana untuk aksi terorisme di indonesia. 


"Sekitat 10 bulan beredar isu kotak amal untuk pendanaan aksi teroris, setelah Tim Densus 88 Antiteror menyelidiki isu tersebut, ribuan kotak amal tersebut menghilang dari peredaran" ujarny. 


Bentuk kotak amal tersebut berfariasi, mulai dari yg kecil seperti celengan plastik hingga ukuran besar berbahab stailes dan kaca. 


"Kalau biasanya kotak amal LAZ BM ABA"kita lihat ditempat umum, hasil penyelidikan Tim Densus 88 Antiteror, hasil dari amal itu digunakan untuk mendanai aksi teror" paparny. 


Yayasan tersebut mempunyai 9 kelompok kerja atau pokja ditiap Kabupaten/Kota di Lampung, sedangkan pengeledahan di Pekon Klaten Kecamatan Gadingrejo merupakan Pokja Pringsewu. 


"Ada 9 Pokja atau cabang di Kabupaten/Kota di Lampung, untuk Inventarisir sementara Yayasan Ishlahul Umat Lampung ini mempunyai aset beruoa tanah dan bangunan, kendaraan dan barang tidak bergerak lainnya" pungkasnya. 

Artikel Pilihan

Iklan