Bank NTT Hadirkan Puluhan UMKM Binaan Pada KTT ASEAN SUMMITH di Labuan Bajo

 




Labuan Bajo,-Bank kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur, yakni Bank NTT, menyatakan dukungannya secara penuh terhadap pelaksanaan puncak KTT ASEAN ke-42 yang akan diselenggarakan tanggal 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo.


Hingga saat ini telah berdatangan delegasi negara-negara Asia. Termasuk Presiden RI, Joko Widodo pun sudah tiba disana.



Dilaporkan dari Labuan Bajo, Bank NTT sebagai lembaga jasa keuangan, melihat kehadiran ratusan bahkan ribuan delegasi negara tetangga ini sebagai sebuah peluang bagi sektor yang dibina selama ini, yakni UMKM. Hingga saat ini, sudah ribuan UMKM binaan Bank NTT yang tersebar hampir merata di seluruh kabupaten/kota di NTT.


Dan, terdapat puluhan UMKM binaan Bank NTT, yang saat ini menjadi peserta expo UMKM di Labuan Bajo, atau tepatnya di Gua Batu Cermin, Lapangan Waikusambi, serta Waterfront yang merupakan destinasi kunjungan delegasi peserta KTT ASEAN ke-42 ini.



Kepala Sub Divisi UMKM dan Festival Desa Binaan, Reinhard Djo, kepada media ini, Minggu (7/5/2023) dai Labuan Bajo menjelaskan hal itu. Kegiatan bernama Festival Budaya Side Event ASEAN Summit 2023 ini diikuti tidak saja oleh UMKM binaan Bank NTT melainkan ada sejumlah produk lokal lainnya.



“Bank NTT menghadirkan UMKM kita untuk memperkenalkan mereka ke kancah internasional. Kita tahu bahwa hadir delegasi dari negara-negara tetangga yang jumlahnya banyak. Saat yang tepat untuk kita memperkenalkan produk unggulan dari UMKM binaan kita,” tegas Reinhard sembari menambahkan bahwa produk UMKM yang dihadirkan, sudah melewati tahap seleksi. Seperti makanan olahan adalah yang hygienis dan sudah terstandarisasi, serta aman untuk dikonsumsi.



“Jadi ada tiga lokasi yang diikuti oleh UMKM binaan Bank NTT, dan mereka akan mengikuti festival ini dari 6 hingga 12 Mei nanti. Mereka adalah UMKM yang berada di bawah naungan Komonitas Akunitas Manggarai Barat yang berasal dari Ruteng , Borong , Bajawa dan Ende,” tambah Reinhard lagi.


Ketua Tim Penggerak PKK NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, serta sejumlah pejabat, berkunjung ke lokasi festival, Sabtu kemarin. Di sana, mereka melihat dari dekat kesiapan UMKM dalam mengikuti kegiatan dimaksud serta memberi saran jika masih ada yang harus dibenahi.


Yang menarik dari produk UMKM ini, tidak saja makanan olahan berbahan dasar potensi pertanian unggulan dari tanah Flores dan sekitarnya, melainkan juga aneka tenunan serta produk turunannya. Sebut saja aneka perhiasan, dan juga asesories lainnya. (Humas Bank NTT)

Artikel Pilihan

Iklan