STIM Kupang Gelar Sosialisasi Perencanaan Keuangan Bagi Siswa SMAN Taebenu






Kupang,- Perencanaan keuangan adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana.Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua III STIM Kupang Aldrin Alex SE, di SMA N Taebenu sabtu,(04/03/2023).

Mengapa perlu perencanaan keuangan,menurut Alex kebutuhan di masa depan hampir pasti namun pendapatan di masa depan belum pasti.

Ia mengatakan resiko dalam hidup akan tetap ada dan hanya bisa diminimalisir dengan perencanaan keuangan yang baik.

Dikatakan bebas finansial apabila pendapatan pasif perbulan sama atau lebih besar dari pengeluaran bulananya.

"Salah satu cara mencapai finansial freedom adalah berinvestasi,"kata Alex 

Ia menambahkan tips mengatur uang yang sederhana yakni tulis seluruh pengeluaran bulanan kemudian jumlahkan seluruhnya,jadikan total pengeluaran tersebut sebagai target pendapatan,optimalkan kemampuan anda untuk mencapai target pendapatan tersebut



Kepala Sekolah SMA Negeri Taebenu Drs Vinsen Sasi mengucapkan terima kasih untuk lembaga STIM yang mau bekerja sama dan bermitra dalam upaya membekali siswa-siswi tentang manfaat bisnis.

"Kami berterima kasih karena STIM mau bermitra dengan pihak sekolah,"ungkapnya.

Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak terutama mempersiapkan diri sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kedepan  Vinsen berharap sosialisasi ini  tidak hanya bagi  siswa-siswi tetapi para guru dengan tujuan mendapatkan pemahaman tentang manfaat bisnis.

"Saya berharap  kegiatan tidak hanya sekali tapi jadi agenda rutin,"ujarnya.



Sementara Stefania R Mello,perwakilan siswa kelas XII ditemui media ini menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelajar terutama yang akan melanjutkan ke bangku perguruan tinggi.

"Ini sangat bermanfaat bagi kami kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku  perguruan tinggi,"tutur Stefania.

Manfaat Kegiatan ini tambah Stefania membuat siswa-siswi  berpikir ke depan agar tidak lagi membebani orang tua namun bisa mandiri.(Arnold)





Artikel Pilihan

Iklan