Penuhi Stok Pasokan Cadangan Beras, Pemerintah Datangkan Beras Medium Asal Vietnam





Kupang,- Untuk penuhi stok cadangan beras,pemerintah datangkan 5.000 ton beras import medium dari Vietnam.Hal tersebut disampaikan Manager Pengadaan Kantor Wilayah Bulog NTT  Deny Kurniawan kepada wartawan di Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, Jumat (13/1/2023).

"Beras import dari Vietnam yang masuk ke NTT untuk memenuhi stok pasokan cadangan beras  pemerintah(CBP),"kata Deny.

Dikatakan,beras impor tersebut  adalah jenis medium. 

"Kalau di sini setara dengan beras premium tapi kami kategorikan sebagai beras medium. Kebetulan kita dapat 5000 ton, untuk daerah lain tentunya beda-beda tergantung manajemennya,"sebut Deny.

Ia menambahkan bahwa terhitung  sejak tahun 2018 NTT sudah dua kali menerima beras impor dari Vietnam.

Menurutnya bukan saja NTT namun ada sejumlah provinsi juga mengimpor beras.

Wakili Kakanwil Bulog NTT Deny menuturkan bahwa Beras impor tersebut, akan disimpan di gudang Bulog sebagai cadangan pangan pemerintah dengan untuk menjaga pasokan stok jika terjadi bencana alam, kerawanan pangan, dan stabilisasi harga beras pangan.

"Tugas kami menerima beras dan disimpan dalam gudang sebagaimana mestinya,"imbuhnya.



Sedangkan Distribusi beras,lanjut Deny masih dilakukan negosiasi lagi teman-teman  namun hingga  saat ini belum ada putusan.

Beras tersebut menurut Deny untuk menjaga pasokan stok misalkan adanya kejadian bencana alam, kerawanan pangan, dan stabilisasi harga beras pangan.

Deny menyebut dari 5.000 ton itu terdapat 100.000 bag masing-masing berisi 50 kg.

"Ada sekitar 14  titik selain NTT yakni Jawa, Sumatra dengan kapasitas berbeda sesuai kuota dan beras tersebut dipasokan oleh vietnam,"tutup Deny.(Arnold).


Artikel Pilihan

Iklan