Julie Sutrisno Laiskodat: Konser 1000 Sasando Di Labuan Bajo, Berhasil Raih Rekor MURI





Kupang,vista-nusantara.com,-Konser Sasando di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang difasilitasi Ketua Dekranasda NTT, Julie Laiskodat dengan melibatkan seribu pemain sasando pada 28 September 2022 berhasil meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Konser Sasando yang digelar di Labuan Bajo berhasil meraih rekor Muri,” kata Ketua Dekranasda NTT, Julie Laiskodat kepada wartawan, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Dia mengaku menginisiasi konser Sasando dengan melibatkan seribu pemain Sasando di Labuan Bajo itu, karena adanya klaim dari negara lain terhadap alat musik Sasando itu.

“Saya berinisiatif menggaungkan ke dunia bahwa sasando adalah milik kita,” tegasnya.

Konser yang digelar itu dihadiri ibu Iriana Jokowi beserta ibu-ibu para Menteri serta zoom bersama duta besar Indonesia di Dunia.

Konser sasando yang digelar di Labuan Bajo itu, menurut dia, bekerjasama dengan Sanggar Latasga Helong yang melatih para pemain sasando dari siswa SMA dan SMK yang berada di Kota Kupang serta Manggarai Barat.

“Seribu pemain itu dibagi dua, 500 dari Kota Kupang, sisanya 500 dari Manggarai Barat,” jelasnya.

Terkait seribu alat musik sasando, jelas dia, pihaknya bekerjasama dengan Pemda Rote Ndao agar SMS/SMK menyiapkan seribu alat musik sasando, serta tenun Rote bagi pemain.

“Saya minta ijin ibu bupati, difasilitasi SMA dan SMK di Rote yang buat sasando seribu buah. Pemain juga gunakan tenun Rote yang kami beli Kabupaten Rote,” katanya.

Dengan keterbatasan, kata dia, pihaknya juga mendapat bantuan kapal laut dari Kementerian Perhubungan untuk transportasi para pemain dari Kupang, serta Pemda Labuan Bajo yang menampung para pemain di kediaman masing-masing.

“Dengan kerja kolaboratif seperti ini akan permudah kita untuk mempromosikan alat musik daerah atau tenun ikat,” katanya.

Pelatih musik sasando dari Sanggar Latasga Helong, Izhu Nisnoni berterima kasih kepada Julie Laiskodat yang telah menfasilitasi mereka, sehingga bisa menggelar konser di Labuan Bajo.

“Kami berterima kasih ke Bunda Julie, karena sudah failitasi kami untujk pecahkan rekor Muri,” katanya singkat.

Pada kesempatan itu, Julie Laiskodat juga menyerahkan piagam rekor Muri dan medali kepada Izhu Nisnoni yang diterima dari Muri. (

Artikel Pilihan

Iklan