Traktor Roda Empat dan Sepuluh Alsintan, Perjuangan Ansy Lema untuk Petani Sabu




Jakarta,vista-nusantara.com,- Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si menunjukkan kerja konkretnya untuk mendukung pembangunan sektor pertanian, peternakan, serta kelautan-perikanan di daerah pinggiran dan terpencil. 


Komitmen politisi yang disapa Ansy Lema itu, terwujud nyata melalui kesuksesannya memperjuangan alat mesin pertanian (alsintan) berupa satu unit Traktor Roda Empat, lima Unit Pemipil Jagung dan lima unit Perontok Padi untuk petani di Kabupaten Sabu Raijua. 


"Alsintan ini hasil dari kerja saya meyakinkan negara untuk membantu petani di Pulau Sabu. Negara, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) harus menjangkau petani di sana dengan bantuan alsintan. Syukur aspirasi ini disetujui Kementan yang berujung pada bantuan alsintan hari ini," papar Ansy. 


Penyerahan alsintan pra dan pasca panen dilakukan Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus Nithanael Rihi Heke, M.Si mewakili Ansy Lema pada Jumat, 23 September 2022. Hadir menyaksikan penyerahan Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sabu Raijua Paul Rabe Tuka dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua Ir. Charles F. Y. Meyok.


Perjuangkan Sabu


Sejak berada di  DPR RI, Ansy mengaku telah menjadikan Sabu sebagai salah satu daerah prioritas. Sabu bukan daerah terluar dan terpinggir tetapi beranda depan negara Republik Indonesia. Apalagi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menginstruksikan para kader PDI Perjuangan untuk membangun Indonesia dari daerah periferal. 


"Maka, saya meyakinkan mitra-kerja Komisi IV menerapkan kebijakan dan tindakan afirmatif terhadap Kabupaten Sabu Raijua. Pemerintah harus hadir untuk membangun Sabu Raijua melalui kebijakan konkret dan memihak kesejahteraan petani, peternak dan nelayan di sana," tegas Ansy. 



Ansy menjelaskan, alsintan Traktor Roda Empat ditempatkan di Brigade Dinas Pertanian Kabupaten Sabu Raijua. Tujuannya agar bisa dipakai oleh kelompok tani seluruh Sabu yang ingin membuka lahan pertanian. Karena membuka lahan menggunakan Traktor Roda Empat dapat menghemat waktu dan tenaga. 


"Penggunaan alsintan pasca panen dapat menghemat waktu, menghemat biaya tenaga kerja, dan mempercepat pengolahan pasca panen. Penggunaan alsintan pasca panen juga dapat meningkatkan produksi dan nilai jual produk tanaman pangan," papar Ansy. 


Apresiasi Bupati Sabu Raijua


Bupati Nikodemus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ansy Lema atas perhatiannya yang besar kepada Kabupaten Sabu Raijua. Bantuan alsintan untuk petani sangat bermanfaat meningkatkan produktivitas pangan. 


"Ketersediaan alsintan pra dan pasca panen sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pangan di tengah krisis pangan global. Karena itu kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada anggota DPR RI Ansy Lema atas bantuan alsintan ini," ujarnya. 


Pada kesempatan itu, Ansy menginformasikan juga telah  memberikan bantuan satu paket Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai 200 Juta rupiah, satu unit Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) senilai 50 Juta rupiah, dan 3 unit Motor Tiga Roda kepada petani di Sabu Raijua. 


Ansy meminta kelompok tani penerima bantuan untuk menanamkan spirit berbagi, bergotong-royong dan bertanggung jawab. Alsintan dapat dipinjamkan kepada kelompok tani lain yang membutuhkan, juga selalu dirawat agar tidak cepat rusak.***

Artikel Pilihan

Iklan