Layani Logistik Intra NTT PT Adikaka Mandiri Datangkan Pesawat Cargo Jenis Cessna Caravan

 



Kupang,vista-nusantara.com,-Demi menjawab kebutuhan masyarakat dan juga pelaku usaha dalam melayani kebutuhan cargo intra NTT,kini PT Adikaka Mandiri mendatangkan  pesawat logistik jenis Cessna Caravan C208B-551 PK SNY.


Demikian disampaikan Direktur Utama  PT Adikaka Mandiri Deki Kirenius Ola dalam jumpa pers,di VIP PT Angkasa Pura I Bandara Eltari,Jumat (16/09/2022 ) siang.


 "Pesawat logistis jenis Cessna Caravan C208B-5551 PK SNY adalah pesawat cargo yang didatangkan khusus untuk melayani kebutuhan cargo di wilayah Nusa Tenggara Timur,"kata Deki usai acara peluncuran dan inagurasi pesawat logistik bersama jajaran Forkopimda.


Dikatakan bahwa pesawat  tersebut akan melayani 5 kabupaten di wilayah NTT yakni Waingapu,Alor, Ende, Larantuka dan Lewoleba.


Deki berharap masyarakat dan pelaku usaha dapat memanfaatkan pesawat ini untuk kebutuhan  cargo karena harga cargo cukup terjangkau atau di bawah harga cargo yang sudah berjalan.


Saat ditanya awak media terkait masa kontrak Deki mengatakan  PT Adikaka Mandiri dan PT Smart Cakrawala Aviation tanpa batas waktu sehingga kita berharap kerjasama ini berkelanjutan dan melahirkan pesawat logistik baru.



Sementara itu General Maneger (GM) Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang I Nyoman Noer Rohim pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pesawat cargo logistik di bandar udara sudah ada tapi dari luar NTT.


Noer Rohim menambahkan untuk  intra di wilayah NTT  selama ini belum ada,terbatas dan hanya bisa  dititipkan lewat pesawat penumpang.


"Sehingga dengan adanya 1 unit pesawat cargo khusus intra NTT ini  bisa memperlancar pengiriman cargo intra daerah di wilayah NTT,"ungkap Noer Rohim.


Ia menyebut bahwa  ini hanya sebagai rangsangan agar geliat ekonomi tumbuh. 


" Karena jika trend cargo meningkat maka akan ditambah pesawat atau di upgrade ke pesawat lebih besar,"imbuhnya.


Saat ini menurut GM Angkasa Pura I penitipan cargo di Pesawat reguler tidak sampai 15 ton sehingga dengan adanya pesawat khusus cargo yang dapat memuat 1.4 ton sekali jalan bisa mengangkut lebih banyak.



 

" Dan pengangkutan cargo bisa lebih banyak dan sering karena tidak ikut jadwal pesawat reguler,"ungkapnya.


Ketua BPD HIPMI  NTT Muhammad Ikshan Darwis pada kesempatan itu juga berterima kasih atas kehadiran pesawat logistik yang dapat membantu Pengusaha pemula untuk mendapatkan bahan baku dan memasarkan  produk mereka ke luar kota kupang begitupun  dari daerah ke kota Kupang.


Ikshan menuturkan HIPMI NTT akan berkolaborasi dengan PT Adikaka Mandiri bersama mendorong pelaku UMK untuk menggunakan sarana ini dan ekonomi NTT akan bergerak.


Ikshan Darwis juga  menyebut bahwa  selama ini pengiriman barang hanya  melalui laut sehingga membuat produk rusak karena terlambat datang.




" Kita berharap dengan adanya pesawat khusus cargo ini maka semua kendala itu akan teratasi,"ujar Pengusaha Muda asal kota kupang tersebut.


Boby Liyanto Ketua KADIN NTT juga menyambut baik hadirnya pertama kali masuk ke NTT.


" Terima Kasih kepada NTT logistik dan PT Aviation di mana sudah berani beroperasi melayani kebutuhan logistik secara intra di NTT. 


Karena itu  Boby mengajak para  pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melihat peluang mereka menjual produk  mereka ke luar NTT.


" Ini kesempatan baik bagi pelaku UMKM untuk menjual produk ke luar daerah di dalam NTT dan  luar NTT,"ungkap Bobby.


Hadir dalam acara tersebut ,Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT,Ganef Wurgianto ,Kepala Dinas Perhubungan Isyak Nuka,Direktur Marketing PT. Adikaka Mandiri Sonya Nasution,Ketua Airline  Operators  Comittee (AOC) Yongki Tanasale. (Arnold)


Artikel Pilihan

Iklan