Komisi II Dukung Gebrakan Dekranasda Yang di Nahkodai Julie Laiskodat




Kupang,vista-nusantara.com,-Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi  Provinsi Nusa Tenggara Timur mendukung penuh  Gebrakan  Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang dinahkodai Bunda Julie Laiskodat karena dengan tugas pokok dan fungsinya untuk membangun NTT agar  bisa bangkit dan sejahtera.


Hal ini dikemukan  Ketua Komisi II Drs Kasimirus Kolo kepada sejumlah awak media  saat  kunjungan kerja di kantor Dekranasda NTT,Jumat,(12/08/2022) siang.



Kasmirus menjelaskan bahwa memang  selama ini kita banyak mengikuti perkembangan Dekranasda dari media sehingga masing-masing orang punya pemahaman yang berbeda  tentang Dekranasda itu sendiri.



"Kami Komisi II yang membidangi  Dinas  Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT sesuai kesepakatan dan diundang oleh Kadis sebagai mitra Komisi II untuk datang berkunjung ke Dekranasda"ungkap Kasmirus.


Menurut Kasmirus Dekranasda sebetulnya mitra juga dengan Disperindag dimana Perindag sendiri adalah  mitra komisi II.




Dikatakan,bahwa  dalam rapat-rapat  anggaran di Komisi maupun badan anggaran bisa  berbeda dari cara menafsirnya tentang eksistensi dan posisi dekranasda itu seperti apa


"Hari ini kita berkunjung ke dekranasda supaya pimpinan bersama anggota komisi yang bermitra dengan dinas ini bisa melihat secara langsung,kondisi obyektif dari dekranasda itu sendiri,"ujar Kasmirus.


Mantan Dosen Unwira tersebut mengatakan apa yang kami lihat hari ini,sangat luar biasa,memang betul bahwa dekranasda ini mendapatkan alokasi dana hibah dari pemrov tetapi ketika  kita mencermati ternyata ketua dekranasda bersama seluruh perangkatnya betul-betul secara profesional menunjukkan kinerja yang luar biasa.terutama memanfaatkan anggaran yang diberikan untuk pemberdayaan pelaku IMKM dan pelaku UMKM dari tenun ikat di seluruh NTT.


"Hasilnya bisa kita saksikan bersama  di dekranasda bahwa seluruh kabupaten  memiliki stand dengan penampilan produk unggulan tenun ikat masing-masing daerah,"puji Kasmirus.


Dan itu adalah hasil dari binaan dari UMKM dari dekranasda dan juga pelaku  IMKM yang bergerak dalam bidang ini.


Kasmirus menyebut  ada banyak produk inovatif lain yang tumbuh dan berkembang di mana-mana karena ada intervensi bukan hanya intervensi anggaran disperindag dan dekranasda tetapi ada edukasi.


"Jadi Dekranasda memberikan pelatihan-pelatihan pengolahan kuliner yang dilihat dari isi dan kemasan yang sangat luar biasa dan diekspor kemana-mana,"imbuhnya.


Begitupula tenun ikat hampir di seluruh indonesia orang menggunakan tenun ikat asal Nusa Tenggara Timur.


"Saya kira itu bukti gebrakan ibu Julie Laiskodat sebagai ketua Dekranasda bersama jajarannya dalam mempromosikan produk-produk lokal seperti ini ke seluruh nusa tenggara," ujar Politisi Nasdem tersebut.


Hadirpula dalam acara tersebut Kadis Perindag NTT,Sekdis Perindag,Anggota Komisi II Gabriel Manek,(Golkar),Maria Nuban  (Perindo)Jhon Oematan(Golkar),Maria Un Banunaek(Demokrat),Dominggus Dama,(PPP),Yohanes Rumat(PKB)dan Ketua Dekranasda Manggarai Barat.(Arnold).

Artikel Pilihan

Iklan