Ketua Komisi III DPRD TTU : "Perpustakaan Mampu Mendorong Semangat Literasi dan Minat Baca Masyarakat"


Kupang,vista- nusantara.com,-Kunjungan kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Timor Tengah Utara ke Perpustakaan Negara Provinsi NTT dalam rangka koordinasi dan sharing pendapat tentang pengelolaan  Perpustakaan di tingkat daerah khusus kabupaten TTU agar  bisa berjalan dengan baik.Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD TTU Therensius Lazakar kepada wartawan di lobbi  Perpustakaan Nasional NTT Kamis,(10/03/2022).


"Kita melihat program Bapak Gubernur berkaitan dengan sumber daya manusia soal minat membaca masyarakat. Minat membaca terhitung  mulai dari anak SD SMP,SMA maupun perguruan tinggi  sampai masyarakat umum atau dari anak-anak remaja sampai orang dewasa,"ujar Ketua Komisi III.



Politisi Golkar ini meminta agar peningkatan kapasitas masyarakat  dalam kaitan dengan minat baca tersebut  bisa sampai di pelosok-pelosok atau di desa-desa jadi tidak terkesan hanya di sekitar ibu kota Kabupaten saja,"pintanya.



" Di TTU  kita harapkan bisa sampai di desa-desa dan dibangunlah ruang khusus perpustakaan berukuran 4 x 6 meter untuk  masyarakat. Bangunan tersebut bertujuan menampung , mengumpulkan  buku-buku demi melayani minat baca masyarakat setempat,"sebut Lazakar.



" Kita lihat di era sekarang dengan adanya teknologi digitalisasi yang  sulit masuk sampai ke daerah - daerah sehingga kita harapkan dengan adanya perpustakaan desa dapat mendorong semangat literasi dan minat baca masyarakat di desa,"pintanya.



Mengingat banyak desa di  TTU yang belum  ada jaringan listrik, apalagi jaringan internet sehingga hal itu tentu  sangat sulit maka tepat kalau kita bangun perpustakaan di setiap desa, agar mendorong semangat masyarakat untuk menggunakan bangunan itu sebagai tempat mencari ilmu pengetahuan. 


"Selain bangun perpustakaan di desa Therensius Lazakar juga berharap ada mobil perpustakaan keliling yang bisa melayani anak-anak remaja dan masyarakat dewasa dalam kaitan mengakses informasi melalui membaca buku perpustakaan keliling tersebut," imbuhnya.



Sehingga dari kunjungan kami hari ini lanjutnya ada oleh-oleh yang kami dapat dari Kepala Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan  Provinsi NTT yang membuat  kami bisa  mampu memotivasi masyarakat mulai dari kota sampai kecamatan bahkan desa, dusun dan RT agar mereka  menyisihkan  waktu untuk mengunjungi perpustakaan desa yang ada atau ketika ada perpustakaan keliling mereka pun bisa mengakses dari perpustakaan tersebut,"ungkap Politisi Muda Golkar TTU.


Mengapa membaca dapat meningkatkan kualitas SDM  masyarakat sebab sebuah program pembangunan ataupun pekerjaan perlu ada SDM yang mumpuni, karena SDM yang baik dapat membawa masyarakat mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan atau program pemerintahan dengan baik pula,"ujarnya.


Dikatakan,dengan adanya perpustakaan ini membuat masyarakat desa di pelosok bisa mengetahui perkembangan atau keadaan baik  kota, Kabupaten, Provinsi sampai di pusat,"kata Lazakar.


Lazakar menuturkan bahwa di Kabupaten TTU saat ini sudah tersedia server dalam kaitan dengan digital hanya saja kekurangan tim IT  sehingga dinas perpustakaan daerah TTU sementara menyiapkan orang dari sisi SDM secara spesifik agar mampu mengoperasikan server digital tersebut,"tutur Therensius Lazakar.


" Untuk server dan persiapan perangkat lunak di dinas perpustakaan TTU hanya bisa melayani  sebatas di ibukota kabupaten atau di kota kefa saja sementara di desa-desa   akan dilanjutkan pengembangannya,"tutup Therensius

Artikel Pilihan

Iklan