" Sehari Usai Kunjungi MUI NTT, Leo Lelo Sambangi Istana Keuskupan Agung Kupang"




Kupang,vista-nusantara.com,--Setelah sehari sebelumnya, Rabu (16/02/2022), Ketua DPD Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Leonardus Lelo bersama belasan Kader Demokrat NTT mengunjungi Majelis Ulama Indonesia Nusa Tenggara Timur (MUI NTT) dan diterima Ketua MUI NTT Muhammad S. Wongso, hari ini Kamis (17/02/2022) Pukul 10.30 WITA, Leo Lelo menyambangi Istana Keuskupan Agung Kupang untuk membangun komunikasi dan memohon restu dari Uskup Keuskupan Agung Kupang Yang Mulia Mgr. Petrus Turang, untuk menahkodai Demokrat NTT Periode 2021-2026.


Di ruang tamu Istana Keuskupan, Mgr. Petrus di hadapan Leo Lelo yang didampingi belasan Kader Demokrat NTT, menegaskan bahwa, proses demokrasi yang muncul setelah reformasi di bangsa ini dan tidak terjadi dengan benar menyebabkan timbulnya keresahan di tengah masyarakat.


“Demokrasi harus dibangun dengan benar oleh partai-partai politik sehingga menghasilkan kesejahteraan kepada masyarakat. Partai politik harus masuk lebih dalam mengangkat persolan-persoalan di tengah masyarakat. Seperti di desa-desa ada banyak persoalan yang harus diangkat lalu dicarikan solusinya agar mereka setara dengan masyarakat di kota,” tegas Mgr. Petrus sambil bercanda bahwa, jika dirinya merasa terganggu maka tidak akan menerima kedatangan Leo Lelo dan rombongan.

Menurut Mgr. Petrus, Partai Demokrat harus menjadi salah satu partai penggerak yang berkiblat pada kesejahteraan masyarakat di desa-desa.


“Di desa ada banyak persoalan, mulai dari air bersih, stunting, infrastruktur jalan, Demam Berdarah, listrik dan persoalan-persoalan lainnya yang selama ini terjadi di desa. Partai Demokrat harus mengangkat ini agar masyarakat bisa sejahtera,” pintanya. 


Demokrasi, sambungnya, sebagai jalan utama untuk mengatasi persoalan itu. 

“Dan demokrasi yang inovatif tidak sekedar memanfaatkan suara rakyat tapi yang memberikan faedah bagi masyarakat itu sendiri. Kehadiran Demokrat sebagai salah satu bagian dari yang mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Memang ada mekanisme-mekanisme dalam berpartai untuk menjadi kuat dan dicintai masyarakat. Tapi partai harus memberikan satu porsi yang mengangkat persoalan-persoalan di desa,” ucap dia.





Mgr. Petrus Turang dalam kesempatan itu mengakui jika memiliki hubungan yang baik dengan Ketua Dewan Pembina Soesilo Bambang Yudhoyono. 

“Dalam hubungan baik ini kami saling menyapa sahabat satu sama lain,” tuturnya.


Mengingatkan Leo Lelo sebagai Ketua DPD Demokrat NTT terpilih, Mgr. Petrus mengatakan,” dalam menjalankan amanah partai, kamu harus menerjemahkan setiap program-program untuk kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan hidup yang dijanjikan partai tidak pernah diaktualisasikan, ini tantangan yang harus dibuktikan oleh seluruh calon pengurus.”


Lebih lanjut Mgr. Petrus mengatakan bahwa dalam membangun daerah ini sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur, NTT bangkit NTT sejahtera, Partai Demokrat harus ambil bagian dalam implementasi kepada masyarakat.


“Memang Demokrat berbeda partai dengan Gubernur VBL tapi spirit NTT bangkit NTT sejahtera harus diterjemahkan secara baik oleh partai dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Saya juga menantang kalian di Demokrat dengan kepengurusan yang baru ini untuk bisa mencari salah satu usaha sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Coba dicari salah satu bidang usaha di mana Demokrat menjadi penggerak,” ujar dia.


Menanggapi pesan yang dilontarkan Mgr. Petrus Turang, Leonardus Lelo yang didampingi Mantan Ketua DPD Demokrat, Johni Kaunang dan sejumlah calon pengurus mengatakan apa yang disampaikan oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang akan menjadi masukkan yang akan ditindaklanjuti oleh kepengurusan yang baru.


“Terima kasih atas nasehatnya Bapa Uskup. Memang ini harus menjadi dasar pijak untuk partai politik. Kita harapkan kehadiran partai itu harus menjadi garam dan terang. Sebagai pimpinan partai di tingkat provinsi akan berusaha maksimal untuk menjalankan tugas dan panggilan masing-masing juga kepada 22 DPC kabupaten/kota yang ada,” tanggap Leo Lelo.


Selanjutnya Leo Lelo menyampaikan bahwa, Demokrat di DPRD Provinsi selalu berjuang keras untuk mengawasi pemerintahan yang ada sehingga bekerja maksimal mewujudkan apa yang menjadi visi misi.


“Nuansanya masih belum bermuara pada apa yang diharapkan. Ada pro kontra, kami di Demokrat bersuara keras tapi ketika voting kami hanya fraksi gabungan tidak bisa berbuat banyak. Kesulitan kita di situ,” jelas Leo Lelo yang merupakan Anggota DPRD Provinsi NTT dua periode ini.


Leo Lelo berharap rakyat mampu melihat fenomena konstelasi politik di daerah ini. 

“Rakyat harus membuka diri terhadap partai politik dan memberikan dukungan, dorongan dan energi melalui peroleh kursi. Jika kursi semakin banyak, saya yakin Demokrat akan memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” pungkas Leo Lelo.


Hal yang mengharukan terjadi, usai silahturahmi, Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang memberikan berkat perutusan kepada Ketua DPD Demokrat NTT Leo Lelo dan Calon Badan Pengurus DPD Partai Demokrat Periode 2021-2026 dan diucapkan Mgr. Petrus dalam bahasa Latin. (Bakomstra Demokrat NTT)

Artikel Pilihan

Iklan